mengupload projek menggunakan git-ftp

Penyedia server murah hanya menyediakan FTP ( file transfer protokol ) untuk mengupload file source code kita ke server, SSH ditutup. Kalau ada biaya lain mending sewa yang bisa mengakses SSH, syukur kalau bisa sewa dedicated server atau vps.

Tapi bagaimana kalau kita cuma mampu sewa yang hanya menyediakan FTP?. Cara menyakitkan ya pertama upload semua file ke server, hemm.. ini lumayan memakan waktu, kemudian ketika aplikasi kita ada perubahan pada beberapa file maka file yang berubah saja yang diupload yang artinya jika ada perubahan pada 20 file maka kesemuanya harus diupload satu per satu yang mungkin saja bisa meng compres terlebih dahulu lalu di upload dan di extrak lagi ,mungkin jadi lebuh cepet sedikit hehe, merepotkan dan menyita banyak waktu.
Solusinya? gunakan GIT-FTP. GIT-FTP adalah ekstensi untuk GIT yang memungkinkan kita untuk mendeploy/mengirim source code aplikasi ke server melalui jalur FTP.

Instalasi

GIT-FTP adalah ekstensi untuk GIT sehingga jelas GIT harus sudah terlebih dahulu terinstal. Silahkan download di sini. Pengguna windows tinggal next next next.
Instalasi bagi pengguna windows bisa mengikuti perintah berikut. Pertama buka Git Bash (cari di search start menu), kemudian ketikkan perintah di bawah ini
Pengguna sistem operasi lain bisa merujuk ke dokumen berikut https://github.com/git-ftp/git-ftp/blob/develop/INSTALL.md

Penggunaan

Saat pertama kali akan menge-push repository source code kita ke server melalui FTP maka gunakan perintah berikut.
Selanjutnya masukkan password akun FTP Anda.
Kemudian jika ingin melakukan push maka perintah berikut yang digunakan
Jika tidak ingin repot dengan bolak-balik memasukkan username dan password maka simpan konfigurasinya sebagai berikut
Sehingga selanjutnya tinggal menjalankan perintah singkat
Semoga tutorial yang Anda baca ini bermanfaat dan silahkan dishare jika merasakan manfaatnya, terima kasih ðŸ™‚
READ MORE ARTICLES

0 Response to "mengupload projek menggunakan git-ftp"

Posting Komentar